Deskripsi Saya

Rabu, 08 Juli 2015

Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang
 Universitas Muhammadiyah Malang merupakan perguruan tinggi swasta di bawah Persyarikatan Muhammadiyah yang berdiri pada tahun 1964. UMM merupakan salah satu kampus terbesar di Jawa Timur, kampus yang terdiri dari kampus I di Jl.Bandung, kampus II di Jl.Bendungan Sutami, dan kampus III di Jl.Tlogomas ini dikenal dengan sebutan Kampus Putih. UMM memiliki area yang sejuk karena dikelilingi pegunungan Panderman dan Arjuno. Sebagai perguruan tinggi swasta, UMM termasuk kampus yang diperhitungkan baik di tingkat lokal, nasional dan internasional. Kuatnya kepercayaan publik dan reputasi yang baik dalam mengemban misi pendidikan membawa UMM meraih prestasi sebagai universitas swasta paling unggul di Jawa Timur. 
     Kampus yang terakreditasi A pada tahun 2013 oleh BAN PT ini juga menempati posisi 5 hingga 12 besar universitas terbaik untuk swasta maupun negeri. Prestasi itu didukung oleh pencapaian yang bersifat individu maupun kelompok, baik oleh dosen maupun mahasiswa yang sering menjadi juara dalam berbagai kompetisi bergengsi. Kampus III merupakan kampus terbesar yang dimiliki UMM. Kampus ini terhampar indah dengan bangunan tertata apik sesuai topografi, di seputar kampus III juga dikelilingi beberapa fasilitas unit bisnis UMM, diantaranya gedung pertunjukkan UMM Dome, Hotel UMM Inn, UMM Bookstore, RS UMM, UMM Farm, SPBU UMM, Bengkel Motor UMM


     Sistem Pendidikan di UMM mengikuti standar pendidikan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk Program Studi Umum dan Kementerian Agama RI untuk Program Studi Agama Islam. Layanan akademik UMM menggunakan sistem aplikasi software Manajemen Administrasi Akademik (MAA) Web Based. Dengan menggunakan teknologi ini akan menjamin proses pengendalian akademis yang efektif, efisien dan akurasi tinggi. Pelayanan MAA berlaku untuk semua program studi , selain itu UMM juga menerapkan Sistem Kredit Semester (SKS), yakni suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan satuan kredit untuk menyatakan beban studi mahasiswa, beban kerja dosen, pengalaman belajar, dll.

     Saat ini UMM mendidik lebih dari 31 ribu mahasiswa yang berasal dari seluruh penjuru tanah air, dan sebagian mahasiswa mancanegara. Mereka mempunyai latar belakang budaya, suku, ras, agama, bahasa daerah serta kondisi sosial yang berbeda, sehingga menapak gerbang Kampus UMM ibarat masuk ke arena "Indonsesia Mini" tempat berinteraksi antar kultur dan komunitas yang beragam latar belakangnya. Baik mahasiswa, dosen maupun staf teknis UMM memiliki kultur kebersamaan yang cukup baik. Di kampus, kegiatan tidak hanya terfokus pada kegiatan akademik. Lebih dari itu banyak kegiatan kompetitif-rekreatif yang melibatkan mereka secara kebersamaan.
     Untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa, UMM membebaskan mahasiswa untuk bergabung ke dalam suatu organisasi, baik intra maupun ekstra kampus. Organisasi intra meliputi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Senat Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), serta beberapa Lembaga Semi Otonom (LSO). Di luar organisasi itu, di UMM banyak terdapat paguyuban atau komunitas mahasiswa luar daerah seperti paguyuban mahasiswa Kalimantan, Sumatera, Bali, Sulawesi, Jawa Barat, Jakarta, Jawa Tengah, dll. Sementara itu untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa telah dibentuk berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) antara lain , Bola Basket, Sepak Bola, Bulutangkis, Tenis Meja, Futsal, Paduan Suara, Karawitan dan masih banyak lagi.
    UMM memliki beberapa jurusan diantaranya :


  • Fakultas Agama Islam (FAI)


  1.  Jurusan Tarbiyah
  2.  Jurusan Syari'ah
  3.  Ekonomi Syari'ah
  4.  Twinning Program ( Jurusan Syari'ah bekerjasama dengan Fakultas Hukum)


  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Psikologi
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis


  1. Program Studi Manajemen
  2. Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (IESP)
  3. Akuntansi
  4. Program D3 Keuangan dan Perbankan


  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)


  1. Ilmu Kesejahteraan Sosial
  2. Ilmu Pemerintahan
  3. Ilmu Komunikasi
  4. Sosiologi
  5. Ilmu Hubungan Internasional


  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan


  1. Pendidikan Matematika
  2. Pendidikan Biologi
  3. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  4. Pendidikan Bahasa Inggris
  5. PPKN (Civic Hukum)
  6. Pndidikan Guru Sekolah Dasar
  7. Twinning Program ( PPKN dengan Fakultas Hukum)


  • Fakultas Pertanian - Peternakan


  1. Agroteknologi
  2. Agribisnis
  3. Ilmu dan Teknologi Pangan
  4. Kehutanan
  5. Peternakan
  6. Budidaya Perairan


  • Fakultas Teknik


  1. Teknik Mesin
  2. Teknik Sipil
  3. Teknik Elektro
  4. Teknik Industri
  5. Teknik Informatika
  6. D3 Elektro (TKJ)


  • Kedokteran


  1. Pendidikan Dokter


  • Fakultas Ilmu KesehataN

  1. Ilmu Keperawatan
  2. Fisioterapi
  3. Farmasi
  4. D3 Keperawatan


  • Pascasarjana
  1. Magister Manajemen
  2. Magister Sosiologi
  3. Magister Ilmu Agama Islam
  4. Magister Agribisnis
  5. Magister Kebijakan & Pengembangan Pendidikan
  6. Magister Ilmu Hukum
  7. Magister Psikologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar